Saturday 9 December 2017

Cara Non-aktifkan Aksesibilitas Smartphone Android

Ibu-ibu atau Bapak-bapak yang punya anak kecil dan sering pegang smartphone dekat anak. Pengalaman seperti itu ndak ya?? Suatu saat lalai sehingga anak yang bahkan belum menguasai smartphone mngoperasikan smartphone tanpa pengawasan, tahu-tahu smartphone sudah mengalami perubahan setting. Atau bahkan smartphone lupa dikunci keburu masuk tas atau pouch ya. Tiba-tiba kita dapati pengaturannya berubah karena tersentuh tangan tanpa sengaja. Atau yang lebih parah adalah iseng-iseng nyoba fitur yang bahkan kita tidak tahu manfaatnya. Ups.. fitur apa sih yang belum diketahui? Simak disini tentang Fitur Aksesibilitas HP Android

Share pengalaman saudara ketika mendapati smartphone androidnya tidak bisa dioperasikan secara normal, bahkan ia sudah menyangka smartphone Sam*ung tersebut rusak. Menurut ceritanya, smartphone dibeli dari orang asing di Negeri Jiran yang bahasannya menggunakan English. Tidak tahu awalnya bagaimana, tiba-tiba smartphone tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya dan terdapat gambar lambaian tangan disertai suara seorang perempuan yang terdengar asing karena menggunakan bahasa Inggris. Jangan keburu menyangka smartphone tersebut rusak ya sist, hanya pengaturannya dan perlakuan saja yang berbeda. Nah bagaimana cara mengembalikannya ke pengaturan normal? Simak penjelasan singkat berikut.

Gambar lambaian tangan pada bagian atas bar smartphone, disertai suara ketika kita memilih ikon tertentu adalah tanda fitur aksesibilitas / accessibility sedang aktif. Supaya fitur aksesibilitas tersebut non-aktif, kita perlu masuk bagian setting / pengaturan. Oiya... sebelumnya saya jelaskan dulu cara mengoperasikan smartphone ketika fitur aksesibilitas ini aktif, yaitu dengan menggunakan dua tangan kita. Maksudnya adalah menyapukan tangan kita secara bersamaan, tidak bisa menggunakan tangan sebelah secara bergantian seperti biasanya. Selain itu ketika memilih ikon tertentu tidak cukup dengan menyentuh sekali, tetapi harus diketuk dua kali.


Setelah bisa membuak kunci layar, masuklah pada bagian setting/ setelan.

Kemudian temukan fitur aksesibilitas / accessibility yang pada umumnya ditandai oleh ikon lambaian tangan


Pilihlah non-aktifkan fitur tersebut, atau non-aktifkan pada fitur TalkBack 

Setelah fitur tersebut non-aktif maka smartphone akan kembali normal sebagaimana sebelumnya yang cukup dioperasikan menggunakan satu tangan secara bergantian dan cukup satu sentuhan untuk memilih ikon tertentu. 
Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment

terimakasih atas komentarnya, semoga bisa memperbaiki untuk kedepanya.