Saturday 9 December 2017

Fitur Aksesibilitas atau Accessibility HP Android

Aksesibilitas adalah suatu kemudahan untuk menjangkau obyek. Kata aksesibilitas ini dapat kita temui dalam smartphone ketika kita masuk pada bagian “setting” atau pengaturan. Fitur aksesibilitas ini diberikan pada smartphone android maupun IOS untuk penyandang disabilitas. Fitur aksesibilitas ini memudahkan pengguna yang disable dengan membantunya memperjelas fitur-fitur yang lain.
Masing-masing smartphone memiliki aksesibilitas yang kurang lebih hampir sama. Berikut penjelasan fitur aksesibilitas yang tersedia pada beberapa smartphone android.






  • TalkBack

Fitur TalkBack bekerja dengan membacakan setiap informasi yang ada di layar smartphone Android yang kita pegang, termasuk notifikasi layar, massanger, telepon, maupun konten website. Selain itu fitur TalkBack juga membacakan setiap sentuhan tangan pengguna dilayar ketika memilih dan mengaktifkan fitur. Fitur ini dapat membantu pengguna yang mengalami gangguan penglihatan.

  • Text-to-Speech



Text-to-Speech bekerja dengan membacakan teks dari konten website yang tersimpan pada aplikasi. Untuk menggunakan aplikasi ini, smartphone pengguna harus sudah mengunduh bahasa yang akan digunakan untuk medengarkan. Fitur ini sangat membantu bagi pengguna smartphone yang mengalami gangguan penglihatan.
  • Magnification Gesture / Isyarat Pembesaran

Fitur ini memberikan kemudahan pengguna untuk memperbesar dan memperkecil bagian layar dengan mengetuk layar tiga kali. Untuk menggeser bagian yang akan diperbesar cukup dengan menggeser /seret dua jari atau lebih melintasi layar atau mencubit menggunakan dua jari dan menyeret lebih kecil dan merentangkan lebih lebar.
  • Invert Colors / Inversi Warna

Fitur ini memberikan pilihan bagi pengguna android untuk menampilkan warna layar sesuai keinginan pengguna (black or white). Fitur ini sangat membantu ketika cahaya disekitar sedang terang atau redup, guna kejelasan mata melihat layar smartphone.
  • Negative Colors/ Koreksi Warna

Fitur ini memberikan pilihan yang menyempurnakan  invert colors dengan menyesuaikan pada peningkatan visibilitas layar.
  • Interaction Control/ Ganti Akses


Fitur ini memungkinkan pengguna mengontrol smartphone menggunakan kombinasi tertentu yng dapat dikonfigurasi. Fitur ini membantu pengguna yang memiliki gangguan motorik.

Demikian penjelasan singkat mengenai fitur aksesibilitas yang ada pada smartphone android. Cara mengembalikan pengaturan aksesibilitas dapat disimak Non-aktifkan Aksesibilitas Smartphone Android

No comments:

Post a Comment

terimakasih atas komentarnya, semoga bisa memperbaiki untuk kedepanya.