Tuesday 22 May 2018

Tutorial Pineapple Candy DIY for Lebaran


Berikut adalah tutorial pineapple candy atau permen yang disusun menyerupai buah nanas dengan memanfaatkan barang bekas disekitar kita. 
Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah:


dokumentasi pribadi @jendelawarna
  • Botol air mineral (ukuran sesuai selera) saya menggunakan botol air mineral yang ukuran 1,5 L
  • Permen @50 buah perbungkus, sebanyak 3 bungkus (sisa lumayan banyak)
  • Isolatif
  • Gunting
  • Lem bakar (lem tembak)
  • Kertas buram sisa (salah satu halaman masih kosong)
  • Kain flanel warna hijau


Cara membuat:


                Langkah pertama adalah mempersiapkan permen (candy) yang akan digunakan. Lipat salah satu bagian ujung permen membentuk lancip kemudian isolasi supaya bentuk tidak berubah. Kurang lebih memerlukan 106 candy yang terdiri dari 50 candy untuk bagian atas dan 56 candy untuk bagian bawah.
Langkah selanjutnya adalah memotong botol air mineral menjadi tiga bagian, kemudian diambil bagian atas dan bagian bawah. Bagian yang tengah tidak kita gunakan ya... Lipat kertas buram sehingga tulisan bisa tertutupi, kemudian tempelkan pada botol yang akan digunakan menggunakan isolatif. Untuk bagian atas menempelkan kertasnya bisa dengan sedikit dilipat supaya tetap bisa menyerupai botolnya dan kertas menempel dengan baik. Pada bagian bibir botol (pinggiran botol yang kurang rapi, dirapikan kemudian isolasi supaya kertas tidak mudah koyak (bisa dilihat digambar pada step ke-2 dan ke-3.
Selanjutnya adalah memotong kain flanel sedemikian rupa (lihat step ke-4) untuk dijadikan daun. Lebar daun dibuat bervariasi dengan menempelkan bagian terpendek dibagian dalam kemudian disambung yang lebih lebar dibagian luarnya dan seterusnya. Sisa guntingan flanel jangan dibuang dulu, bisa dimanfaatkan untuk menutup bagian tutup botol supaya lebih rapi. Caranya yaitu dengan menggunakan lem bakar (lem tembak) kemudian sisa potongan flanel ditempel sampai semua bagian tutup botol tertutupi kain flanel (lihat step ke-5).
Setelah botol siap ditempeli candy, selanjutnya adalah menempelkan candy pada botol. Tempelkan candy pada bagian atas (lihat step ke-6) dengan baris pertama menutupi bekas tempelan daun. Baris selanjutnya menutupi bekas tempelan candy diatasnya dan seterusnya sampai terdapat empat barisan candy. Untuk bagian yang bawah (lihat step ke-7) candy ditempelkan mulai dari bagian bibir botol sampai bagian akhir botol sebanyak empat barisan candy.
Setelah semua candy terpasang langkah terakhir adalah memasang penutup bagian bawah supaya pineapple candy tampak lebih rapi. Potong kain flanel berbentuk persegi dengan panjang sisi sepanjang diameter botol dilebihkan 2 cm. Tempelkan kain flanel pada permukaan bawah botol kemudian gunting sedikit bagian pinggir kain flanel sehingga bisa menempel dengan baik pada botol dan menutupi bekas tempelan candy yang paling bawah (lihat step ke-8).
Pineapple candy sudah siap dipasang atau siap dibungkus untuk parsel lebaran. Jangan lupa bagian dalamnya pineapple candy bisa diisi dengan candy sisa yang digunakan tadi ya.. Supaya ketika mau mencoba candy nya tidak menyebabkan pineapple candy menjadi gundul. 
Selamat mencoba.. jangan lupa like and share ya ya.. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

terimakasih atas komentarnya, semoga bisa memperbaiki untuk kedepanya.