Wednesday 3 January 2018

Tips Menyimpan dan Mematangkan Buah Sirsak Secara Sempurna

tips menyimpan dan mematangkan sirsak
Buah sirsak by @jendelawarna
Ciri-ciri Buah Sirsak Siap Panen

Tanaman sirsak adalah tanaman kaya manfaat yang dapat digunakan untuk pengobatan. Daun, buah, bunga, akar bahkan biji buah sirsak dapat dimanfaatkan. Manfaat buah sirsak dan cara pengolahannya sangatlah beragam tergantung kebutuhan dan selera. Keberadaan buah sirsak mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Penanaman dan budidaya sirsak cukup mudah, di beberapa daerah sirsak berbuah sepanjang tahun, namun musim panen buah sirsak pada umumnya sekitar bulan Januari dan Februari. Buah sirsak yang siap panen memiliki ciri-ciri antara lain:
  • Jarak antar duri merenggang dan duri tampak tumpul diujung
  • Kulit buah warnannya mengilat hijau kekuningan
  • Tangkai buah berwarna menguning
  • Apabila ditepuk-tepuk terdengar bunyi seolah dalamnya buah berongga

Buah sirsak yang memiliki ciri-ciri tersebut sudah siap untuk dipanen, meskipun belum matang sempurna. Pemanenan buah sirsak tidaklah serentak, namun memilih yang sudah siap panen saja. Sirsak yang belum siap panen dibiarkan dulu supaya semakin besar dan siap dipanen berikutnya. 

Penyimpanan Buah Sirsak 

Apabila hasil panen akan dijual maka proses pengemasan haruslah diperhitungkan, mengingat buah sirsak termasuk buah yang lembek dan mudah rusak. Pengemasan buah sirsak yang baik adalah menggunakan peti kayu yang berventilasi atau karton tebal. Untuk menghindari memar pada buah, jangan menumpuk terlalu banyak buah.

Mempercepat Pematangan Buah Sirsak


Cara mempercepat pematangan buah sirsak adalah dengan meletakkan buah sirsak di tempat yang lembab dan menyiramkan air sehari 3-4 kali supaya daging buah dapat matang sempurna, serta warna buahnya putih bersih. Meskipun rasa yang dihasilkan tidak senikmat buah sirsak yang matang dari pohon namun cara ini efektif mempercepat proses pematangan secara sempurna dibandingkan hanya meletakkannya di tempat terbuka. 
Demikian tips yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat. Salam semangat berbagi....

No comments:

Post a Comment

terimakasih atas komentarnya, semoga bisa memperbaiki untuk kedepanya.