Saturday 3 February 2018

Khasiat Daun Bunga Bawang Merah Bagi Kesehatan

khasiat daun bunga bawang merah
dokumentasi @jendelawarna
Bawang merah yang memiliki nama latin Allium Cepa L. merupakan jenis bawang-bawangan yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Selain manfaat umbi bawang merah sebagai anti inflamasi (mengobati racun ulat bulu) dapat mengurangi peradangan kulit, antioksidan tinggi, ternyata daun bunga bawang merah juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.
Daun bunga bawang merah banyak dijumpai pada musim tanam bawang merah, harganya pun jauh lebih murah dibandingkan harga bawang merah. Biasanya dijual di pasar tradisional per ikat oleh petani bawang merah. Masih belum banyak orang yang mengetahui khasiat daun bunga bawang merah, sehingga makanan dan olahan dari daun bunga bawang merah belum bervariasi. Selain itu bisa juga karena ketersediaannya yang terbatas hanya pada musim tanam bawang merah. Daun bunga bawang merah memiliki aroma khas yang sekilas mirip dengan aroma bawang merah. Sehingga cocok digunakan sebagai campuran bumbu masak. Macam-macam olahan yang bisa dicampur dengan daun bunga bawang merah, seperti tumis, lodeh, serta gorengan.
khasiat daun bunga bawang merah
dokumentasi @jendelawarna
Sekilas diperhatikan morfologi bawang merah tampak menyatu antara  batang, tangkai dan daun bawang merah. Hanya bagian bunga yang terlihat menonjol berwarna putih dengan tangkai bunga yang banyak. Meski demikian hampir setiap bagian mulai daun sampai bunga bawang merah dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Yang tidak kalah dari lezatnya olahan daun bunga bawang merah adalah khasiatnya bagi kesehatan. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh CCRC Farmasi UGM (Universitas Gajah Mada) menyebutkan bahwa bawang merah memiliki kandungan antioksidan tinggi (kuersetin) yang dapat menghambat sel kanker. Selain itu juga mengandung mineral, potein, sulfur, serta serat yang baik bagi pencernaan. Daun bunga bawang merah memiliki kandungan yang hampir sama dengan bawang merah.

Demikian khasiat daun bunga bawang merah bagi kesehatan. Ketika musim tanam bawang merah tiba, ayo mencoba olahan makanan dari daun bunga bawang merah. Selain lezat juga berkhasiat. 

No comments:

Post a Comment

terimakasih atas komentarnya, semoga bisa memperbaiki untuk kedepanya.