Thursday 3 August 2017

Cara Mengatasi Bayi Rewel Menggunakan “Ayunan Sederhana”

dokumentasi pribadi 
Diantara bunda sekalian tentu pernah mengalami sikecil rewel minta digendong terus, tidurnya tidak nyenyak, dan bunda juga khawatir sikecil jatuh dari dipan gara-gara sudah mulai aktif bergerak. Saya mau berbagi tips mengatasi hal tersebut bun...
Ceritanya berawal pada saat putri saya rewel setelah imunisasi, minta gendong terus padahal pundak sudah mulai panas. Waktu itu imunisasi polio 1/ BCG saat sikecil berumur satu bulan. Berhubung dirumah tidak ada ayunan, dan rumah minimalis dengan ruangan yang cukup untuk dipan saja akhirnya saya coba membuat ayunan sederhana yang nempel pada dipan. Awalnya sikecil nangis pada waktu diayunkan, tapi lama-lama senang dan tertidur pulas.
Bahan yang diperlukan cukup selendang, bantal bayi, dan bantal dewasa yang tipis.Berikut langkah-langkah membuatnya, sambil perhatikan gambar ya bun!

Langkah ke-1

Bentangkan selendang dan perkirakan sepanjang dipan yang akan dijadikan tempat menempelnya ayunan. Ikatkan ujung selendang pada bagian pojok dipan yang biasanya ada tongolannya. Ulangi ikatan dengan simpul yang kuat supaya sikecil aman, tidak terjatuh saat diayunkan.

Langkah ke-2

Ulangi langkah ke-1 pada dipan bagian sisi yang lain.

Langkah ke-3

Cek bagian bawah dengan menekan bagian dalam ayunan dan memperkirakan sekitar tiga jari dari lantai. Hal ini supaya ketika sikecil sudah dimasukkan ke dalam ayunan tidak menempel di lantai yang mengakibatkan ayunan tidak bisa berayun dengan baik.

Langkah ke-4

Cek bagian atas ayunan supaya tepat pada sisi atas dipan. Hal ini untuk membantu menyangga ayunan supaya lebih kuat danstabil saat berayun.

Langkah ke-5

Letakkan bantal bayi sebagai bantal sikecil di dalam ayunan. Apabila perlu bisa ditambahkan alas waterproof pada bagian bokong sikecil.

Langkah ke-6

Letakkan bantal tipis pada salah satu bagian ayunan tepat di bagian atas kepala sikecil. Hal ini bertujuan mempeluas permukaan ayunan agar sikecil tetap nyaman bernapas.

Selanjutnya sikecil siap dimasukkan ke dalam ayunan. Bunda maupun ayah bisa mengayun sikecil sambil berbaring di atas dipan. Sikecil nyaman, bunda dan ayah bisa tenang tanpa harus panas di pundak. Aman juga bagi sikecil yang sudah mulai aktif bergerak dan berguling-guling. Tidak khawatir terjatuh dari dipan pada saat ditinggal sebentar. Tidak disarankan bagi sikecil yang usianya sudah lebih dari lima bulan baru mulai diajari ayunan ya bun, khawatirnya berontak dan trauma. 
Silakan kunjungi video tutorialnya di halaman berikut
https://youtu.be/go3PwdWRepk

Selamat mencoba bunda... Semoga sikecil tidak rewel lagi...

No comments:

Post a Comment

terimakasih atas komentarnya, semoga bisa memperbaiki untuk kedepanya.